Seminar Nasional 2023 HMPS Jurusan Kesehatan Lingkungan Poltekkes Kemenkes Yogyakarta



12 Nov 2023




Sabtu Pahing, 23 September 2023 dilaksanakan Seminar Nasional HMPS Jurusan Kesehatan Lingkungan. Seminar Nasional ini mengambil tema “Strategi Pengelolaan Sampah pada Fenomena Pasca Darurat Sampah bagi Seluruh Aspek Masyarakat”. Seminar Nasional ini diselenggarakan oleh Himpunan Mahasiswa Program Studi Jurusan Kesehatan Lingkungan dan dibuka untuk nasional. Narasumber kegiatan seminar ini berasal dari Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan  Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta dan Himpunan Ahli Kesehatan Lingkungan Indonesia. 

Tujuan dilaksanakan seminar nasional ini adalah untuk menambah wawasan/pengetahuan bagi mahasiswa dan siapa saja yang tergabung di dalamnya serta diharapkan dapat memunculkan inovasi yang lebih baik ke depannya. Tema yang diambil terkait hal tersebut mengingat fenomena pertumbuhan penduduk meningkat selalu berbanding lurus dengan sampah yang dihasilkan dan lahan yang semakin sempit. Seminar Nasional ini bagi mahasiswa yang datang secara luring dilaksanakan di Grha Bina Husada Poltekkes Kemenkes Yogyakarta, sementra yang ikut secara online mengikuti seminar ini secara daring melalui zoom meeting room.

Acara seminar ini terlaksana dengan baik. Seminar ini diikuti oleh sekitar 400 mahasiswa diantaranya mahasiswa internal dan eksternal Polkesyo. Mahasiswa eksternal berasal dari berbagai instansi mulai dari Universitas Muhammadiyah Surakarta, Poltekkes Kemenkes Denpasar hingga RS bhayangkara.