Rangkaian Acara Bakti Sosial Kesehatan WALUBI Menyambut Hari Raya Waisak



21 May 2024




Dalam rangka peringatan hari besar waisak Perwakilan Umat Buddha Indonesia (Walubi) menggelar Bakti Sosial Kesehatan Pengobatan Gratis Tri Suci Waisak 2568 BE – 2024, yang digelar di Zona dua Taman Lumbini, Kompleks Candi Borobudur. Kegiatan pengobatan dibuka selama dua hari pada 17-18 Mei 2023.

Kegiatan Baksoskes tahun ini melibatkan sedikitnya 200 dokter, 400 tenaga kesehatan, dan 250 relawan dengan total target melayani 10.000 warga. Animo masyarakat untuk memanfaat pelayanan pengobatan gratis begitu tinggi maka diperlukan tenaga pendukung pelayanan kesehatan diantaranya dokter, dokter gigi dan tenaga kesehatan dan relawan. Tenaga kesehatan dan relawan berasal dari berbagai institusi baik pemerintah, swasta, TNI, Polri dan institusi pendidikan. 

Sama seperti kegiatan bakti sosial kesehatan tahun 2023 lalu, Poltekkes Kemenkes Yogyakarta melalui Jurusan Kesehatan Gigi telah mengirimkan 30 mahasiswa atas permintaan Panitia Waisak Nasional Walubi kepada Direktur Poltekkes Kemenkes Yogyakarta. Memakai gown bewarna merah, mahasiswa siap mendukung pelayanan kesehatan gigi dan mulut. 

Tindakan perawatan gigi dan mulut meliputi pembersihan karang gigi, pencabutan gigi, penumpatan gigi dan bedah minor sederhana Odontektomi. Bakti sosial kesehatan pengobatan gratis bagi mahasiswa Jurusan Kesehatan Gigi Poltekkes Kemenkes Yogyakarta adalah implementasi Pengabdian kepada Masyarakat melalui pembelajaran Inter Profesional Education (IPE) dan Inter Profesional Education (IPC) dengan dokter gigi dari RS, TNI, Polri maupun relawan Walubi. 

Baksoskes ini menjadi rangkaian perayaan Trisuci Waisak 2568 BE. Berikutnya pada tanggal 21-22 Mei 2024 akan dilakukan pengambilan Api Abadi Mrapen, Purwodadi dan air suci di Umbul Jumprit, Temanggung. Hingga pelaksanaan detik-detik waisak pada tanggal 23 Mei 2024 dan juga pelepasan lampion

(Jurusan Kesehatan Gigi)