Poltekkes Kemenkes Yogyakarta Dianugerahi Best Health Polytechnic



30 Jan 2024




Poltekkes Kemenkes Yogyakarta memperoleh penghargaan sebagai BEST HEALTH POLYTECHNIC  as most acclaimed health POLYTECHNIC with innovative learning program of the year 2024, oleh 5 Pilar Media.  Penganugerahan penghargaan diserahterimakan pada acara 5 Pilar Media Award 2024; Conferment Ceremony, di Kalasan Room, Grand Diamond Hotel, Yogyakarta. Disamping Poltekkes Kemenkes Yogyakarta juga 24 instansi/pimpinan/tokoh lainnya dari berbagai bidang seperti perbankan, pendidikan, berbagai perusahaan dan bumd, menerima penghargaan ini. Hadir mewakili Gubernur DIY adalah Etty Kumolowati, Staf Ahli Gubernur DIY Bidang Sosial, Budaya dan Kemasyarakatan; Wasesa, SH, Asisten Administrasi Umum mewakili Walikota Yogyakarta dan Yuli Nurliana, SE, Akt (Chairman 5 Pilar Media).

Tujuan pemberian penghargaan ini untuk mempertemukan antara pengusaha, lembaga pendidikan dan lembaga pemerintah dan non pemerintah serta profesional sebagai motivasi bagi masyarakat khususnya para peraih penghargaan dalam rangka menuju Indonesia emas 2045. Disamping itu juga untuk menggalang dan membudayakan kebersamaan antar Pemerintah, para pelaku dunia pendidikan, dunia usaha di lingkungan nasional agar senantiasa dapat saling bersinergi dalam pembangunan. 

Bagi Poltekkes Kemenkes Yogyakarta, ini adalah penghargaan kedua yang diperoleh dari 5 Pilar Media, setelah tahun 2023. Penghargaan ini sebagai apresiasi dari masyarakat terhadap berbagai inovasi di bidang pendidikan tenaga kesehatan yang telah dilakukan oleh Poltekkes Kemenkes Yogyakarta. Sebagai perguruan tinggi negeri dibawah Kementerian Kesehatan yang selalu mendukung berbagai program pemerintah, utamanya untuk mendukung program Transformasi Sumber Daya Manusia Kesehatan. Poltekkes Kemenkes Yogyakarta hadir dalam penganugerahan ini diwakili oleh ketiga wakil direktur, Dr. Yuni Kusmiyati (Wadir 1); Dr. Agus Wijanarka (Wadir 2) dan Dr. Umi Istianah (Wadir 3). 

Proses dan metode penilaian penghargaan ini mengacu pada beberapa kriteria diantaranya: Awareness, Responsibility, Quality, Performance dan Attractiveness dengan atribut pengukuran diantaranya memiliki program pendidikan, hasil/realisasi kegiatan jangkauan dampak dan kesinambungan akan komitmen Program Inovatif dan berkualitas serta mampu berkembang mengikuti perubahan. 

Prosedur Pemilihan Penerima Penganugerahan dilakukan dalam beberapa tahapan. Pada tahap awal,  Team Pemilih yang terdiri dari perwakilan setiap Asosiasi dan Lembaga terkait, melakukan pemilihan instansi/nama yang telah dimiliki oleh team pemilih yang diperoleh dari Departemen/Lembaga dan Asosiasi dari Dunia Pendidikan. Pada tahap kedua, team melakukan telaah, penelitian, penilaian, survey dan pembenaran dari data nama-nama yang akan menerima penghargaan. Para team pemilih tidak secara langsung bertanya kepada calon penerima penganugerahan, tetapi wali murid, alumni, maupun civitas academica (masyarakat sekolah) dan masyarakat sekitar tentang perkembangan sekolah dan kualitas program pendidikan serta pelatihan. Selanjutnya, setelah mendapat berbagai masukan dan penilaian oleh team pemilih, dilakukan recek kembali oleh team independen Lembaga Nasional Prestasi Indonesia, apakah telah memenuhi kriteria serta berhak menerima penganugerahan.

5 Pilar Media Communication merupakan Lembaga yang mempunyai misi ingin memberikan informasi Sumber Daya Manusia (SDM) yang terbaik di Indonesia agar masyarakat luas dapat menjadikan sebagai inspirasi dan informasi yang berkualitas. Dan memiliki visi meningkatkan mutu pengembangan Sumber Daya Manusia Indonesia sebagai wujud antisipasi untuk menghadapi Tantangan Global dan Masyarakat Ekonomi Asia. 

 

(Promosi, Humas & CDC)