Pengabdian Kepada Masyarakat & Promosi Polkesyo Bersama Anggota DPR RI Komisi IX Dapil Jawa Tengah V



26 Oct 2023




Senin Pahing, 23 Oktober 2023 tim Pengabdian Kepada Masyarakat (Pengabmas) Polkesyo melakukan  Pengabdian Kepada Masyarakat sekaligus promosi dengan topik kegiatan Sosialisasi Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) bertempat di gedung Pancasila, Bangunharjo RW 09, Kalurahan Gandekan, Jebres, Surakarta, Jawa Tengah. Pengabmas ini dilaksanakan bersama anggota DPR RI dari Komisi IX, bapak H. Rahmad Handoyo, S.Pi, M.M dengan sasaran kurang lebih 450 peserta yang berasal dari Kecamatan Jebres Surakarta. Turut hadir dalam kegiatan ini adalah anggota DPRD Kota Surakarta, ibu Dinar Retno Indrasari, Lurah Gandekan, bapak Sugeng Sarwono, Calon Legislatif dari Kecamatan Jebres: Hery Supranto dan tim Pengabdian Masyarakat Polkesyo. 

Germas merupakan gerakan yang bertujuan untuk memasyarakatkan budaya hidup sehat serta meninggalkan kebiasaan dan perilaku masyarakat yang kurang sehat. Aksi Germas juga diikuti dengan memasyarakatkan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) dan dukungan untuk program infrastruktur dengan basis masyarakat. Sebagai sebuah gerakan, Germas mulai dicanangkan oleh Kemenkes sejak tahun 2016. Gerakan ini diharapkan dapat meningkatkan partisipasi dan peran serta masyarakat untuk hidup sehat, meningkatkan produktivitas masyarakat, dan mengurangi beban biaya kesehatan.

Dalam kegiatan pengabmas ini, sebagai pemateri pertama sekaligus memberikan sambutan adalah bapak H. Rahmad Handoyo, S.Pi, M.M yang banyak memberikan contoh hidup sehat. Pemateri kedua adalah Dr. Agus Kharmayana Rubaya, SKM, MKes, Kepala Unit Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (UPPM) Polkesyo. Pak Agus menyampaikan sambutan mewakili Polkesyo sekaligus mengenalkan profil singkat Polkesyo kepada hadirin. Pemateri ketiga adalah Suhardjono, S.SiT, M.Kes, dosen pada Jurusan Kesehatan Gigi Polkesyo. Pak Jon, memberikan materi tentang Kesehatan Gigi dan Mulut, cara merawat gigi geligi, penyakit-penyakit gigi dan mulut, penyebab dan cara mencegah serta mengatasinya. Pemateri terakhir adalah ibu Riyani Wahyu Utami, SKM, Sub Koordinator Promosi, Advokasi Kesehatan dan Pemberdayaan Masyarakat Dinkes Kota Surakarta. Ibu Riyani menyampaikan latar belakang Germas sebagai Gerakan yang digagas oleh Kementerian Kesehatan, perubahan pola penyakit dari penyakit menular ke penyakit tidak menular (PTM). Beberapa penyebab terjadinya PTM adalah karena kurangnya aktifitas fisik, merokok, kurangnya konsumsi buah dan sayur, pola makan tidak sehat, gangguan metabolik dan obesitas. Ibu Riyani juga menjelaskan beberapa implementasi kegiatan Germas di kota Surakarta, seperti munculnya Kampung Germas. Di akhir paparannya, ibu Riyani menjelaskan langkah-langkah dalam penerapan Germas seperti: melakukan aktifitas fisik minimal 30 menit setiap hari, konsumsi buah dan sayur setiap hari dengan isi piringku, cek kesehatan secara rutin, memberikan asi eksklusif, enyahkan asap rokok (104 kampung bebas asap rokokdi kota Surakarta), fokus pada kebersihan lingkungan dan pemanfaatan pekarangan untuk  gizi seimbang. Kegiatan sosialisasi ini diakhiri dengan penyerahan secara simbolis roti untuk balita dari bapak Rahmad Handoyo kepada masyarakat yang hadir, serta pengundian kupon doorprize.

 

(Promosi, Humas & CDC; foto oleh tim IT)